SILABUS  

Nama Sekolah                     : SMA PONTIANAK

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/1

Standar Kompetensi       : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
  • § perkembangan tabel periodik unsur.
  • · Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
  • · Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.
  • Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
  • Menjelaskan dasar

pengelompokan unsur-unsur.

Jenis tagihan:

- kuis

- ulangan

2 jam
  • Sumber

-  buku kimia,

-  tabel periodik,

  • § Bahan

-  lembar  kerja

  • § struktur atom
  • · Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, periode dan golongan,  massa atom relatif.
  • · Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
    • Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
    • Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
    • Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
    • Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
    • Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
2 jam
  • § sifat fisik dan sifat kimia unsur
  • § sifat keperiodikan unsur
  • · Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.
  • · Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
  • · Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
    • Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
    • Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan
2 jam
  • § Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.
  • · Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya).
  • · Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
  • · Menyimpulkan hasil pembelajaran
    • Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
2 jam
1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk
  • Ikatan Kimia

-  kestabilan unsur

-  struktur Lewis

-  ikatan ion dan ikatan kovalen

  • · Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
  • · Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.
  • · Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas
  • · Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen dalam diskusi kelas
  • § Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
  • § Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
  • § Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
  • § Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
  • § Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen
Jenis tagihan:

- kuis

- tugas individu

- ulangan

Bentuk instrumen:

- performans (kinerja dan sikap)

- tes tertulis

3 jam
  • Sumber

- buku kimia

  • Bahan

-  lembar kerja

-  cairan yang bersifat polar dan non polar

 

  • § Ikatan  kovalen koordinasi
  • § Senyawa kovalen polar dan non polar.
  • § Ikatan logam
  • · Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana.
  • · Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.
  • · Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium
  • § Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
  • § Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
  • § Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
  • § Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.
Uraian/ tertulis 3 jam  

 

  • Alat

-  standar

-  buret

-  corong

-  gelas kimia

-  batang polietilen

 

Standar Kompetensi           : 2.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

Alokasi Waktu                      : 20 jam (untuk UH 4 jam)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

  • § tata nama senyawa
  • § Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  • § Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.
  • § Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  • § Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.
  • § Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.
  • § Menuliskan nama senyawa biner
  • § Menuliskan nama senyawa poliatomik
  • § Menuliskan nama senyawa organik sederhana
Jenis tagihan:

-tugas individu

-kuis

-ulangan

Bentuk instrumen

- tes tertulis

2 jam
  • § Sumber

- buku kimia,

- lembar

kerja

  • § persamaan reaksi sederhana
  • § Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
  • § Latihan menyetarakan persamaan reaksi.
  • § Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
4 jam
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
  • Hukum dasar kimia

-  hukum Lavoisier

-  hukum Proust

-  hukum Dalton

-  hukum Gay Lussac

-  hukum Avogadro

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.
  • § Menarik kesimpulan dari data hasil percobaan.
  • § Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan
  • § Membuktikan hukum Proust melalui percobaan
Jenis tagihan:

- tugas individu

- tugas kelompok

- ulangan

Bentuk instrumen:

- tes tertulis,

- performans (kinerja dan sikap)

- laporan tertulis

2 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-   lembar

kerja,

-   alat dan

bahan

untuk

percobaan.

 

  • § Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.
  • § Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
  • § Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).
  • § Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
  • § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
  • § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.
2 jam
  • § perhitungan kimia
  • § Diskusi informasi konsep mol.
  • § Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.
  • § Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
  • § Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
  • § Menentukan rumus air  kristal
  • § Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
  • § Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
  • § Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi
Uraian/ tertulis 6 jam  

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA PONTIANAK

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/2

Standar Kompetensi           : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi

Alokasi Waktu                      : 18 jam (3 jam untuk UH )

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
  • § larutan non elektrolit dan elektrolit
  • § jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
  • § jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
  • § Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
  • § Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
  • § Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
Jenis tagihan:

- tugas kelompok

- ulangan

- responsi (ujian praktik)

Bentuk instrumen:

- tes tertulis

- performans (kinerja dan sikap)

- laporan tertulis

5 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

- lembar kerja,

- alat dan

bahan untuk

percobaan

3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
  • § konsep oksidasi dan reduksi
  • § Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
  • § Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).
  • § Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
  • § Berlatih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.
  • § Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
  • § Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
  • § Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
Jenis tagihan:

- tuga sindividu

- tugas kelompok

- ulangan

- kuis

Bentuk instrumen:

- tes tertulis

- performans (kinerja dan sikap)

- laporan tertulis

7 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

  • § tata nama menurut IUPAC
  • § Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
  • § Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  • § Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok di kelas
  • § Memberi nama senyawa menurut IUPAC
  • § Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
4 jam

2 jam

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA PONTIANAK

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/2

Standar Kompetensi           : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

Alokasi Waktu                      :  20 jam (untuk UH 3 jam)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
  • § identifikasi atom C,H dan O.
  • § kekhasan atom karbon.
  • § atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium
  • Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas
  • Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas
    • § Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
  • § Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
  • § Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
Jenis tagihan:

- tugas kelompok

- ulangan

- kuis

Bentuk instrumen:

- tes tertulis

- performans (kinerja dan sikap)

- laporan tertulis

2 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  alat dan

bahan untuk

percobaan

4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
  • § akana, alkena dan alkuna
  • § sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
  • § isomer
  • § reaksi senyawa karbon
  • Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna.
  • Latihan tatanama.
  • Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.
  • Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok.
  • Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas
    • § Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan
    • § Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
  • § Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
  • § Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
  • § Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
7 jam

2 jam

  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  molymood

 

4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
  • § minyak bumi
  • § fraksi minyak bumi
  • Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar

(Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah)

  • Presentasi hasil kerja kelompok.
    • § Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
    • § Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
  • § Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
Jenis tagihan:

- tugas kelompok

- kuis

- ulangan

Bentuk instrumen:

- tes tertulis

- laporan tertulis        ( makalah)

4 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  LCD

-  komputer

 

  • § mutu bensin
  • § Dampak pembakaran bahan bakar
  • § Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
  • § Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
Uraian/ tertulis  
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
  • § Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
  • Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika.
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
2 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  LCD

-  komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s