SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi          :  1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit.

Alokasi Waktu                      :  16 jam ( 2 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
  • § Konsentrasi larutan
  • § Pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Roulth) dan larutan elektrolit
  • § Tekanan uap jenuh larutan
  • § Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan, kemolaran dan fraksi mol) dan menghubungkannya dengan sifat koligatif larutan melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut dan menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan melalui diskusi kelas
  • § Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)
  • Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Roulth) dan larutan elektrolit
  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
  • § Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan
  • Jenis tagihan

Tugas individu

Kuis

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Tes tertulis

4   jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

  • § Titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit
  • § Diagram PT
  • § Tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit dalam kerja kelompok di laboratorium
  • Menyimpulkan pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
  • Berlatih menghitung D Tf dan DTb larutan
  • Menganalisis diagram PT  untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan pengertian osmosis , tekanan osmosis dan menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit  serta terapannya melalui diskusi kelas
  • § Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
  • § Menghitung penurunan  titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
  • § Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
  • § Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
  • § Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan
  • § Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya
  • § Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Tugas kelompok

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis

6  jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

  • § Bahan/alat untuk praktek
1.2 Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
  • § Perbedaan sifat  koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
  • § Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit melalui diskusi kelompok
  • § Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
  • Jenis tagihan
Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi           :  2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu               :  26 jam ( 2 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
  • § Persamaan reaksi redoks
  • § Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi  (PBO)

melalui diskusi kelas

  • § Berlatih menyetarakan reaksi redoks
  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)
  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)
  • Jenis tagihan

Tugas individu

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Tes tertulis

4 jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja

  • § Sel Volta
  • § Aplikasi sel Volta dalam kehidupan
  • Merancang dan melakukan percobaan  sel volta  dalam  kerja kelompok di laboratorium
  • Berlatih menghitung harga E° sel
  • § Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)
  • § Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
  • § Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
  • § Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
  • § Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
  • § Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar
  • § Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)
  • Jenis tagihan

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap)  , laporan tertulis, Tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

Bahan/alat untuk praktek

2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis
  • § Reaksi elektrolisis
  • § Korosi
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas
  • § Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan
  • § Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert
  • § Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi
  • Jenis tagihan
Tugas individuTugas kelompok

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

Bahan/alat untuk praktek

2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
  • Hukum Faraday
  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas
  • Merancang dan melalukan percobaan tentang proses penyepuhan logam dalam kerja kelompok di laboratorium
  • § Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.
  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis
  • § Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam
  •  Jenis tagihan

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis

 

8  jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

Bahan/alat untuk praktek

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi         : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam

Alokas Waktu                       : 30 jam ( 4 jam untuk  UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut
  • Unsur-unsur golongan utama dan transisi
  • § Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan
(Pembahasan lebih d tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang dihasilkan oleh daerah bersangkutan) 
  • § Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)
  • § Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Ulangan harian

  • § Bentuk instrumen

laporan tertulis, Tes tertulis

2  jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja,

LCD, komputer

3.2.Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
  • Sifat fisik dan sifat kimia unsur
  • § Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat kimia  unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
  • § Demonstrasi reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh gurudengan hati-hati)

 

  • §  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium

 

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga.
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, dan sifat khusus lainnya)
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan
  • § Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan
  • § Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan
  • § Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan
  • § Menjelaskan cara menghilangkan  kesadahan air melalui percobaan
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Tugas kelompok

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

 

16  jam
  • § Sumber

Buku kimia

  • § Bahan

Lembar kerja,

Bahan/alat untuk praktek

3.3.Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari
  • § Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari dan industri
  • § Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur unsur seperti  gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan

(bahan presentasi sebaiknya membahas tentang  manfaat dan dampak dari unsur-unsur atau senyawa yang diproduksi daerah bersangkutan)

  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas
  • § Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)  serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2)
  • § Menentukan komposisi unsur dalam pupuk
  • Jenis tagihan

Tugas individu

Kuis

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

laporan tertulis, Tes  tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja, LCD, komputer

 

3.4.Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
  • § Penemuan sinar radioaktif
  • § Sifat sinar radioaktif
  • § Persamaan reaksi inti
  • § Kegunaan unsur radioaktif
  • § Bahaya sinar radioaktif
  • § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahaya unsur-unsur radioaktif melalui diskusi kelas dan dipresentasikan
  • § Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif
  • § Menentukan pita kestabilan inti
  • § Menuliskan persamaan reaksi inti
  • § Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
  • § Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
  • Jenis tagihan
Tugas kelompokKuis

Ulangan

  • Bentuk instrumen

laporan tertulis, Tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja, LCD, komputer

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/2

Standar Kompetensi          : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

Alokasi Waktu                      : 76 (8 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)
  • § Struktur dan tata nama senyawa karbon
  • § Isomer
  • § Sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon
  • Kegunaan senyawa karbon
  • Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
  • Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
  • Latiahan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.
  • Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
  • Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.
  • Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat fisik melalui diskusi.
  • Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.
  • § Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • § Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.
  • § Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
  • § Menjelaskan sifat fisik senyawa karbon.
  • § Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
  • Jenis tagihan
Tugas individuTugas kelompok

Responsi

Kuis

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

18 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja,

Bahan/alat untuk praktek

LCD, komputer

4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.
  • § Struktur dan tata nama benzena dan turunannya
  • § Reaksi benzena
  • § Sifat fisik dan sifat kimia benzen dan turunannya
  • § Kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
    • Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
  • § Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzeana.
  • § Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.
  • § Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.
  • Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahayasenyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • § Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
  • § Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
  • § Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.
  • § Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzen dan turunannya
  • § Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Ulangan

Bentuk instrumen

laporan tertulis, Tes tertulis

 

14 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja,

LCD, komputer

4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)
  • § Polimer
  • § Karbohidrat
  • § Protein
    • Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok
    • Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer,  polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
 (Sebagai penerapan dari teori yang dipelajari bagi daerah yang terdapat industri penghasil polimer seperti karet sintetis, serat sintetis dan sebagainya agar memanfaatkan industri tersebut sebagai sumber bahan belajar)

  • Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
  • § Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok
  • Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
  • § Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
  • § Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
  • § Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
  • § Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
  • § Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
  • § Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
  • § Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
  • § Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
  • § Menentukan gugus peptida pada protein.
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Tugas kelompok

Responsi

Ulangan

  • § Bentuk instrumen

laporan tertulis,

performans(kinerja dan sikap) ,

Tes tertulis

 

18 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek

LCD, komputer

4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak
  • § Rumus struktur dan nama lemak
  • § Penggolongan lemak dan minyak
  • § Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • § Fungsi dan peran lemak dan minyak
    • Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
  • § Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
  • § Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
  • § Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • § Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
  • Jenis tagihan
Tugas individuKuis

Ulangan

Tugas kelompok

  • § Bentuk instrumen

laporan tertulis,

Tes tertulis

16 jam
  • § Sumber

Buku kimia

internet

  • § Bahan

Lembar kerja,

LCD, komputer

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s