Destilasi Uap

Standar

DestiLasi Uap,,,

Destilasi uap umumnya digunakan untuk memurnikan senyawa organic yang terdestilasi uap (volatile), tidak tercamourkan dengan air, mempunyai tekanan uap yang tinggi pada 100 derajat C dan mengandung pengotor yang tidak atsiri (nonvolatile).,

Destilasi uap dapat dipertimbangkan untuk menyari serbuk simplisia yang mengandung komponen yang mempunyai titik didih tinggi pada tekanan udara normal. Pada pemanasan biasa kemungkinan akan terjadi kerusakan zat aktifnya. Untuk mencegah hal tersebut maka pemurnian dilakukan dengan destilasi uap.

Dengan adanya uap air yang masuk, maka tekanan kesetimbangan uapzat kandungan kan diturunkan menjadi sama dengan tekanan bagian didalam suatu system, sehingga produk akan terdestilasi dan terbawa oleh uap air yang mengalir.

Destilasi uap juga suatu proses pemindahan massa kesuatu media massa yang bergerak . Uap jenuh akan membasahi permukaan bahan, melunakkan jaringan dan menembus kedalam melalui dinding sel, dan zat aktif akan pindah ke rongga uap air yang aktif dan selanjutnya akan pindah ke rongga uap yang bergerak melalui antar fasa. Proses ini disebut hidrodifusi.

Destilasi uap juga merupakan suatu proses perpindahan massa ke suatu media yang bergerak.

o Cara pemurnian dengan destilasi uap

1. Cairan penyari dimasukkan kedalam bejana melalui corong.

2. Serbuk cengkeh dimasukkan dalam kantong kain dimasukkan kedalam ekstraktor. Pada bejana ini dibagian dalam dimasukkan bejana yang berlubang-lubang dan dibuat dari baja bahan karat.

3. Bejana dipanaskan. Pemanas dapat dilakukan dengan pemanasan api besar langsung pada labu.

4. Keran atas dibuka, dan keran yang lainnya tertutup.

5. Uap cairan akan mengalir melalui pipa, kemudian diembunkan oleh pendingin. Cairan akan mengalir ke ekstraktor dan akam merendam cengkeh tersebut.

6. Setelah cairan itu setinggi gelas penduga, keran (bawah) dibuka, sehingga hasil penyarian mengalir kebejana. Bila hasil penyarian telah mengalir, semua keran ditutup kembali.

7. Cairan cengkeh akan menguap sedangkan zat aktifnya tertinggal dalam bejana.

8. Pekerjaan ini diulang sampai cengkeh tersari dengan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s