RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (sifat dan perubahan materi)

Standar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(sifat dan perubahan materi)

 

Nama Sekolah :   SMA MUHAMMADIYAH PONTIANAK
Mata Pelajaran :   Kimia
Kelas/Semester :   X/ 1
Alokasi Waktu :   x 1×25 menit

 

  1. Standar Kompetensi

Memahami konsep materi dan perubahannya

  1. Kompetensi Dasar
    1.  Mengklasifikasi materi.
    2. Mengelompokkan sifat materi.
    3. Mengelompokkan perubahan materi
  2. Indikator
    1. Mengklasifikasi materi berdasarkan komposisi kimianya.
    2. Mengelompokkan sifat materi, yaitu sifat fisika dan sifat kimia,
    3.   Mengelompokkan perubahan materi secara fisika dan kimia
  3. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Mengklasifikasi materi berdasarkan komposisi kimianya.
  2. Mengelompokkan sifat materi, yaitu sifat fisika dan sifat kimia,
  3.   Mengelompokkan perubahan materi secara fisika dan kimia

 

  • Karakter siswa yang diharapkan :
    • Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan.
    • Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
      • Percaya diri, Berorientasi tugas, dan Hasil.

 

  1. Materi Pokok(materi ajar)

Materi adalah material fisik yang menyusun alam, yang bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Menempati ruang berarti benda dapat ditempatkan dalam suatu ruang atau wadah tertentu sedangkan massa benda dapat diukur baik dengan perkiraan atau dengan alat tertentu seperti neraca. Dua zat tidak dapat menempati ruang yang sama dalam waktu bersamaan. Setiap zat / materi terdiri dari partikel-partikel / molekul-molekul yang menyusun zat tersebut. Materi dapat berbentuk gas, cair, dan padat. Contoh: udara, kapur, meja.

Kimia mempelajari komposisi, struktur dan sifat dari materi, serta perubahan kimia yang terjadi dari materi satu ke yang lainnya. Contoh: kayu terbakar menjadi arang.

  1. Sifat Materi

Secara umum sifat suatu materi dapat kita bagi menjadi dua macam, yaitu sifat kimia dan sifat fisika,.

 

  1. Sifat fisika  dari sebuah materi adalah sifat-sifat yang terkait dengan perubahan fisika, yaitu sebuah sifat yang dapat diamati karena adanya perubahan fisika atau perubahan yang tidak kekal. Sifat fisika berkaitan dengan penampilan atau  keadaan fisis materi, yaitu wujud, titik leleh, titik didih, indeks bias, daya hantar, warna, rasa, dan bau. Air sebagai zat cair memiliki sifat fisika seperti mendidih pada suhu 100oC. Sedangkan logam memiliki titik lebur yang cukup tinggi, misalnya besi melebur pada suhu 1500oC.Sifat materi yang ada hubungannya dengan sifat fisika yaitu :  titik leleh dan titik didih, berat jenis, indeks bias dan perubahan wujud.
  2.  Sifat Kimia dari sebuah materi merupakan sifat-sifat yang dapat diamati muncul pada saat terjadi perubahan kimia. . Sifat kimia adalah sifat yang berkaitan dengan perubahan kimia yang dapat dialami oleh suatu materi, misal dapat terbakar, berkarat, mudah bereaksi, beracun, dan bersifat asam atau basa. Beberapa sifat kimia yang lain adalah bagaimana sebuah zat dapat terurai, seperti Batu kapur yang mudah berubah menjadi kapur tohor yang sering disebut dengan kapur sirih dan gas karbon dioksida.contoh sifat kimia adalah: daya ionisasi,kelarutan dan kereaktifan
  3. 2.      Perubahan Materi

Perubahan materi adalah perubahan sifat suatu zat atau materi menjadi zat yang lain baik yang menjadi zat baru maupun tidak. Perubahan materi terbagi menjadi dua macam, yaitu :perhatikan Gambar 1.5.

 

  1. Perubahan Materi Secara Fisika atau Fisis

Perubahan fisika adalah perubahan yang merubah suatu zat dalam hal bentuk, wujud atau ukuran, tetapi tidak merubah zat tersebut menjadi zat baru. Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak mengakibatkan pembentukan zat baru, misalnya es meleleh menjadi air dan tidak membentuk zat baru, tetapi hendaknya diperhatikan bahwa dalam perubahan fisika memang terjadi beberapa perubahan dan terjadinya transformasi energy.Contoh perubahan fisis :

a)      perubahan wujud

  1. es balok yang mencair menjadi air
  2. air menguap menjadi uap
  3. kapur barus menyublim menjadi gas, dsb

 

b)      perubahan bentuk

  1. gandum yang digiling menjadi tepung terigu
  2. benang diubah menjadi kain
  3. batang pohon dipotong-potong jadi kayu balok dan triplek, dll

 

2. Perubahan  Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan dari suatu zat atau materi yang

menyebabkan terbantuknya zat baru. Perubahan kimia mempunyai kenderungan untuk mengadakan reaksi kimia.

 

Contoh perubahan kimia :

  1. bensin biodiesel sebagai bahan bakar berubah dari cair menjadi

asap knalpot.

  1. proses fotosintesis pada tumbuh-tumbuhan yang merubah air, sinar matahari, dan sebagainya menjadi makanan
  2. membuat masakan yang mencampurkan bahan-bahan masakan sesuai resep menjadi masakan yang dapat dimakan
  3.  bom meledak yang merubah benda padat menjadi pecahan dan ledakan

F. Strategi Pembelajaran

–   Model  Pembelajaran : Talking Stik

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

 

No. Kegiatan Waktu Metode
1. Kegiatan Pendahuluan   :

  • Guru mengucapkan salam dan memperhatikan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran.
  • Guru menciptakan suasana kelas yang  religus dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa,
  • Guru mengabsensi kehadiran siswa,
  • Guru mengapersepsi siswa dengan bertanya “Pernahkan kalian memperhatikan kayu yang terbakar atau kertas yang terbakar?  Apa yang dapat dilihat/diamati?
  • Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan menyampaikan  tujuan dari pembelajaran
5 menit Ceramah, tanya jawab
2. Kegiatan inti

  1. Eksplorasi
  •  Guru menyiapkan sebuah tongkat( spidol)
    • Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
    • Siswa diminta untuk menyimak pengkajian terhadap konsep dasar dari sifat dan perubahan materi dari beberapa contoh.
    • Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.

 

Elaborasi

  • Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa.
  • Guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.

 

c.   Konfirmasi

  • Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • Guru memberikan tanggapan dan simpulan berdasarkan  materi yang telah dibahas.
15

menit

Menjelasakan

(ceramah) dan talking stik

 

3. Kegiatan Penutup

  • Guru memberikan evaluasi
  • Guru mengakhiri pelajaran dan menutup pertemuan dengan mengucapkan salam.
5

menit

Ceramah, tanya jawab

 

G. Sumber Belajar

Buku Ajar

Buku kimia kelas X

Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta. Erlangga.

Sudarmo . 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta. Erlangga.

 

  1. Penilaian
  • Penilaian Kognitif ,guru dapat memberikan tugas kepada siswa : test dan tugas rumah.
  • Penilaian afektif, penilaian ini dilakukan dengan lembar pengamatan individu, ynag dilakukan oleh guruku dengan mengadakan penilaian baik melalui bentuk pengamatan.
  • Soal latihan
Indakator Penilaian Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen
1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   Mengelompokkan perubahan-perubahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari kedalam perubahan yang termasuk perubahan fisika dan kimia melalui media power point dengan menunjukan beberapa gambar ari perubahan materi.  Tes

 

 

 

 

 

 

 

 

Soal essay

 

 

 

 

 

 

 

Terlampir

 

 

Pontianak,  26-04-2012

Mengetahui,

Kepala SMA 2 PONTIANAK                                       Guru mata pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s